Tuesday, February 8, 2011

Secara umum bahwa diabetes adalah tubuh kekurangan jumlah insulin. Insulin adalah pengangkut semua sari makanan ke seluruh tubuh. Pankreas sebagai penghasil insulin mengirimkan insulin ke usus halus. Dalam usus halus ini terjadi penyerapan sari-sari makanan yang dibutuhkan oleh tubuh. Jadi Insulin akan ikut larut ke dalam pembuluh darah dan membawa sari makanan ke seluruh ubuh. Apabila jumlah insulin dalam tubuh berkurang, maka sari makanan (glukosa) tidak akan sampai ke organ tubuh secara maksimal. Akibatnya glukosa dalam darah menjadi menumpuk, dan orang yang mengalami hal ini akan terasa lemas, walupun habis makan, dan kepengin makan lagi. Semakin lama darah akan menjadi kental , dan tensi darah akan naik, dan itulah awaal mula terjadinya diabetes.

Yang perlu diketahui dan dicari adalah mengapa insulin dalam tubuh bisa berkurang ?

Hal ini ada beberapa sebab yaitu :
1. Kotornya pencernaan kita ; sehinga walaupun pankreas telah mengirimkan jumlah insulin yang cukup, akan tetapi penyerapan yang dilakukan oleh usus halus (12 jari) tidak maksimal ( biasanya dipengaruhi oleh pola makan yang salah).
2. Organ pankreas memang ada masalah; Karena pankreas itu sendiri sebagai penghasil insulin, maka apabila pankras mengalami gangguan fungsi, maka kadar insulin tubuh menjadi berkurang.
3. Bahan pembuat insulin berkurang; Katakanlah pencernaan kita bagus, Pankreas kita bagus, tetapi bahan pembuat insulin itu sendiri berkurang , maka kadar insulin tubuh juga menjadi kurang.

Jadi intinya Diabetes adalah tubuh kekurangan insulin sehingga sari makanan hanya berara dalam pembuluh darah dan tidak pernah sampai pada organ-organ tubuh. Makanya ada penderita diabetes sehabis disuntik insulin akan terasa lebih segar, tetapi setelah sekian hari manakala kadar insulin berkurang maka tubuh akan kembali lemas.
Mengapa tubuh seseorang tidak dapat mengeluarkan atau tidak senseitif lagi terhadap zat insulin dan akhirnya dinyatakan positif diabetes?

Dr Kamandanu menjelasakan bahwa penyakit diabetes disebabkan oleh 2 hal yaitu, kelebihan mengonsumsi gula sehingga terjadi kenaikan gula darah dalam tubuh atau karena faktor keturunan -diabetes termasuk jenis penyakit yang menurun.

Gaya hidup yang tidak sehat dan pola makan yang buruk dapat menjadikan pemicunya. Karena pola makan yang tidak baik menyebabkan tidak ada keseimbangan antara karbohidrat dan kandungan lain yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Akibatnya kandungan gula dalam tubuh jadi tinggi melebihi kapasitas kerja pankreas. Atau bisa juga dari konsumsi makanan dan minuman yang tidak bersih dan di masak secara sembarangan.

Diabetes juga dapat disebabkan oleh faktor keturunan (gen). Jika orang tua kita menderita diabetes, kemungkinan besar kita juga akan terkena resiko diabetes. Karena penyakit ini menurun lewat gen. Jadi jika orang tua kita ada riwayat diabetes kita harus berhati-hati agar kita tidak terkena penyakit ini- kita harus menjaga tubuh dengan pola hidup sehat, mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula secukupnya.

Penyebab-penyebab diabetes diuraikan secara lebih lengkap oleh Dr. Ahani dalam blognya. Berikut sebagian tulisan Dr. Ahani yang dikutip gambar_hidup agar Anda dapat lebih memahami secara lengkap.

Penyebab diabetes mellitus sebenarnya bisa dengan berbagai macam cara misalnya:

1. Genetik atau Faktor Keturunan

Diabetes mellitus cenderung diturunkan atau diawariskan, bukan ditularkan. Anggota keluarga penderita DM (diabetisi) memiliki kemungkinan lebih besar terserang penyakit ini dibandingkan dengan anggota keluarga yang tidak menderita DM. Para ahli kesehatan juga menyebutkan DM merupakan penyakit yang terpaut kromosom seks atau kelamin. Biasanya kaum laki-laki menjadi penderita sesungguhnya, sedangkan kaum perempuan sebagai pihak yang membawa gen untuk diwariskan kepada anak-anaknya.

2.Virus dan Bakteri

Virus penyebab DM adalah rubela, mumps, dan human coxsackievirus B4. Melalui mekanisme infeksi sitolitik dalam sel beta, virus ini mengakibatkan destruksi atau perusakan sel. Bisa juga, virus ini menyerang melalui reaksi otoimunitas yang menyebabkan hilangnya otoimun dalam sel beta. Diabetes mellitus akibat bakteri masih belum bisa dideteksi. Namun, para ahli kesehatan menduga bakteri cukup berperan menyebabkan DM.

3. Bahan Toksik atau Beracun

Bahan beracun yang mampu merusak sel beta secara langsung adalah alloxan, pyrinuron (rodentisida), dan streptozoctin (produk dari sejenis jamur). Bahan lain adalah sianida yang berasal dari singkong.

4. Nutrisi

Nutrisi yang berlebihan (overnutrition) merupakan faktor resiko pertama yang diketahui menyebabkan DM. Semakin berat badan berlebih atau obesitas akibat nutrisi yang berlebihan, semakin besar kemungkinan seseorang terjangkit DM.

Cara Mengatasi Diabetes

Penyakit diabetes dapat di hindari atau dikurangi dengan cara mengetahui kadar glukosa darah dalam tubuh kita- lakukan pemeriksaan secara rutin- karena peningkatan dan penusrunan kada rgula dalam darah selalu berubah. Jika kita mampu menjaga kadar gula dalam batasan normal artinya kita dapat mencegah terjadinya komplikasi diabetes. Cara lain yang dapat Anda gunakan untuk mengurangi komplikasi diabetes adalah: berhenti merokok , mengoptimalkan kadar kolestrol, menjaga berat tubuh yang stabil, mengontrol tekanan darah tinggi (tensi), dan melakukan olah raga secara teratur.

Saran : Untuk itu, kita perlu menjaga dan memperhatikan masalah pencernaan . Masalah pola makan yang salah jangan dianggap sepele
Karena lebih dari 80 % penyakit degeneratif berasal dari pencernaan yang tidak baik.
Apabila ada penderita diabetes maka pertama yang dilakukan adalah mencari tahu mengapa insulin dalam tubuh menjadi berkurang. sehingga penangannya akan semakin menjurus dan lebih cepat ada hasilnya.

materi referensi:

Detak HPA Purworejo

1 comments:

  1. sekedar menambahkan..
    ada dua jenis DM (Diabetes Mellitus). Yaitu DM tipe 1 dan DM tipe 2.
    DM tipe 1 disebabkan oleh kerusakan pankreas. Lebih tapatnya kerusakan Islet Langerhans yang menghasilkan insulin. Kalau DM tipe 2 disebabkan karena sel tidak lagi responsif terhadap insulin.

    nica info,
    lebih teliti ya :D

    ReplyDelete

Isi Komentar anda dengan sopan jika ingin di terbitkan...