Monday, April 12, 2010


 

Ok. Dipostingan kali ini saya akan membahas tentang budaya nge-blog di lingkungan pelajar.. karena saya juga pelajar, ternyata nge-blog itu banyak juga manfaatnya.

Postingan kali ini cocok untuk pemula.

Bagi yang mau niat untuk coba nge-blog silahkan ikuti tutorial dibawah ini.. semoga berguna..
APA ITU BLOG ?    

Sebelumnya kita bahas dulu apa itu blog. Coba kita ketikan kata kunci “ arti blog” di google atau di search engine yang lainnya, lalu akan keluar berbagai macam definisi yang keluar. Misalnya di Wikipedia
blog sebagai aplikasi web yang memuat secara periodik tulisan – tulisan (posting) pada sebuah webpage umum “.

           Istilah blog sendiri berasal dari “web log” yang artinya buku catatan (diary) online. Karena pada awalnya, banyak yang menggunakan untuk menuangkan pengalaman pribadinya selama ini. Namun dalam perkembangannya, yang di tulis bukan hanya soal pengalaman pribadi saja, tapi bisa apapun, dari tulisan ringan sampai yang serius. Temanya juga berkisar tidak hanya tentang, diri sendiri, tapi sekarang sudah bisa apapun.

MENGAPA MEMILIH BLOG???
            Bagi beberapa pihak kegiatan blogging sepertinya adalah kegiatan yang sia – sia dan menghabiskan waktu saja, padahal bagi pelajar di internet blog adalah sarana untuk aktualisasi diri yang paling mudah, murah dan aman asal dilakukan dengan kesadaran dan penuh tanggung jawab. Menurut Joko Susilo salah satu pakar internet marketing di indonesia, keunggulan blog dibandingkan website ataupun chatting di internet, ada beberapa hal:
  1. Blog bisa menularkan informasi secara luas.
Contoh: kerena saya pecinta AREMA, maka sebagai blogger setiap pertandingan maupun informasi tentang AREMA akan saya tulis di blog. Dan dengan bantuan search engine (seperti Google, Yoo, MSN, Bing, dsb) maka dengan mudah sesama aremania diseluruh dunia bisa mendapat informasi terkini dari saya dan akan terus membaca blog saya.

  1. Blog: Media yang lebih manusiawi.
Informasi yang disajikan di blog kita biasanya cerminan pribadi kita masing - masing, sehingga seringkali secara emosional tulisan kita juga menjadi sikap diri kita dalam memandang sesuatu. Itulah yang menyebabkan orang senang dengan blog, karena ikatan nasional terbangun.

  1. Blog lebih interaktif.
Setiap artikel atau postingan yang kita update maka apabila traffic kunjungan blog kita tinggi pasti akan selalu muncul komentar dari para blogwalker baik yang sifatnya positidf meupun jkritik dan saran. Bukankah yang bisa menilai diri kita baik adalah teman – teman, guru, dan orang – orang yang mengenal kita? Betul…?

  1. Blog lebih cepat menyajikan informasi.
Berbeda dari situs berita online, informasi yang kita sajikan biasanya menyangkut hal yang kita senangi bisa hobby atau kemampuan kita (skill) di berbagai bidang yang kita kuasai. Dengan blog, semua pengalaman kita tersebut dengan mudah kita publikasikan dan orang lain dengan mudah membacanya. Misalkan tentang praktikus biologi, cara mengawetkan tempe agar tidak mudah basi.. coba kita cari di search engine, dengan cepat biasanya akan ditemukan tulisan dari blog pengalaman pribadi seseorang yang yang telah sukses melakukannya.


KRITERIA YANG BAIK ??

            Blog dianggap baik memang tergantung dari beberapa sudut pangdang secara khusus, pada kesempatan ini akan kita ulas membuat blog dari sisi teknis:

  1. RINGAN diakses
Blog yang baik harus mudah diakses, tidak penuh dengan script atau widget yang sepertinya indah di mata tapi membuat gerah kita yang penasaran dengan isi blognya. Akhirnya akhirnya dari pada menunggu lama kita tinggalkan saja, hanya karena terlalu ribet dengan tampilan. Bagi pemula di dunia blogger kadang kurang memperhatikan tentang hal ini...!

  1. RAMAH dengan search engine
Agar blog kita dapat dibaca oleh semua orang maka kita harus mengamalkan ilmu khusus didalam dunia internet. Apakah itu?? Search Engine Optimization atau mengoptimalkan mesin pencari di dunia internet, karena dengan mesin pencari teman – teman kita maupun orang – orang di seluruh dunia bisa tahu bahwa kita memiliki blog atau tulisan di internet.
Inilah cara agar blog kita dapat dengan mudah dikenali oleh mesin pencari khususnya Google:
-        Mengoptimalkan dari sisi domain atau subdomain.
-        Mengoptimalkan judul atau tema blog.
-        Mengoptimalkan META data dan deskripsi situs atau blog yang kita buat.
-        Sering Blogwalking dan memberikan komentar kepada sesama blogger dan mencantumkan link blog kita kepada sesama blogger.
-        Content atau isi blog yang kita buat banyak di butuhkan dan dicari oleh orang.


  1. MENARIK dari sisi content
Buatlah blog kit dengan atikel atau content yang orang banyak mencarinya. Mudahnya detiap ada pekerjaan rumah (PR) dari bapak/ibu guru kita, jangan sungkan – sungkan untuk kita posting di blog kita. Apa lagi kita bisa menyelesaikan PR dengan cara kita sendiri. So, pasti banyak rekan – rekan kita yang akan datang ke blog kita. Masih banyak contoh lain yang bisa kita update untuk posting di blog. Jangan lupa, buatlah karya yang asli dari kalian sendiri, kalau tidak mampu dan mengambil artikel dari blog lain, cantumkan sumbernya ya...??

  1. LAYOUT
Layout atau design yang baik untuk blog harus memenuhi beberapa kaidah, antara lain:
-        Tidak berat ketika di akses di internet.
-        Penataan tata letak menu dan warna yang harmoni.
-        Mencerminkan isi atau content blog.

  1. TRAFFIC
Bagaimanapun bagusnya tampilan dan isi blog kita tapi kalau tidak ada pengunjung yang mendatangi tidak ada artinya. Nah, agar blog kita ramai jangan ragu – ragu untuk promosi blog kita baik melalui mesin pencari maupun dengan teman sekelas atau dimanapun kenal dengan sesama blogger saling bertukar link.


Dibawah ini ada beberapa tips nge-blog, agar blog kita dikenali sebagai orang yang berkompenten di suatu bidang...

  1. Pasang Niat: Seperti kata Nabi s.a.w, niat adalah penentu amal. Jadi kalau nge-Blog tujuannya hanya mengisi waktu luang saja, maka yang kalian dapat hanya itu saja. Tp jika niat nge-Blog itu untuk berbagi kepada semua orang dan untuk mengembangkan diri kita di suatu bidang tertentu maka insya ALLAH maka berbagai macam yang kalian dapat.

  1. Menggali Potensi Diri: Setiap orang di muka bumi ini dilahirkan unik dan tidak ada yang serupa, artinya semua orang mempunyai potensi, semua orang cerdas. Hanya saja setiap orang bisa cerdas di setiap bidang yang berbeda.

Belajar Nulis: iyalah, masak nge-Blog gak nulis dan cuman diisi foto – foto aneh doang. Maka dari itu marilah kita belajar nulis dengan benar. Boleh bahasa kalian, bahasa gaul, yang penting nulisnya teratur, rapi dan yang paling penting menggunakan bahasa manusia bukan bahasa hewan..

2 comments:

  1. ngeblog sosial network paling bagus ketimbak F* dll, ngeblog selain nambah pengetahuan nambah temen dll kita bisa bebas berkreasi menyalurkan hobby khususnya menulis

    ReplyDelete
  2. selain itu blog merupakan lahan investasi lho, sapa taw ntar ada yg maw beli blog kita, o iys bro, shoutmixnya mengganggu nich, mendingan ga usa gerak tuch soutmixny, hehe...

    ReplyDelete

Isi Komentar anda dengan sopan jika ingin di terbitkan...